We have new forums at NiteshKothari.com
TopBottom
Announcement: wanna exchange links? contact me at clwolvi@gmail.com.

Kura-kura Avatar dengan Simbol Garis Merah di Kepala

Posted by Efprizan 'zan' Rzeznik at Friday, February 8, 2008
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

Foto: Shando Safela


BILA kura-kura identik dengan warna hijau ataupun hitam agak kehijauan, lain halnya dengan binatang peliharaan kepunyaan Suhascaryo ini. Keanehan bentuk fisik binatang peliharannya ini membuatnya istimewa dan unik. Apa saja keunikannya?

Selain didominasi warna putih, kura-kura peliharaannya mempunyai garis berwarna merah jambu di atas kepalanya yang cukup panjang. Seperti tanda di atas kepala Aang dalam film kartun terkenal Avatar: The Legend of Aang.

Pria yang karib disapa Pak Has ini mengaku membeli binatang tersebut dari seorang penangkap kura-kura di dekat rumahnya sekitar sebulan yang lalu. Kura-kura itu diperoleh dari Punggur. Si penjual kura-kura itu pun seumur-umur baru pertama kali melihat jenis seperti ini, katanya.

Kura-kura yang oleh anaknya dinamai Avatar ini juga mempunyai prilaku khusus. Jika kura-kura sering menyembunyikan kepalanya di dalam tempurung, tapi tidak dengan Avatar. Salah satu binatang suci yang terdapat dalam mitologi Tionghoa dan diyakini dapat membuat awet muda, panjang umur, dan pembawa keberuntungan ini tak segan memamerkan kepalanya yang berwarna putih dengan garis merah mudanya itu. Ia tidak takut dengan orang di sekitarnya.

Di sekitar mulut Avatar, hidung, dan tepi garis merah di atas kepalanya, juga dihiasai dengan warna hitam. Ada lima garis hitam di atas tempurungnya.

Jika diperhatikan seksama, garis yang mengikuti lekuk tempurungnya itu seperti menyerupai lima jari tangan. Sama dengan kepalanya yang berwarna putih, tempurung kura-kura tersebut juga didominasi warna putih agak kehijauan.

Kura-kuranya ini berbobot 5,6 kg dengan panjang 50 cm dan lebar 35 cm. Pak Has memelihara kura-kuranya itu di kolam samping rumahnya yang terletak di Jalan Adi Sucipto Gang 822 (samping Zeni) Nomor 23 Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Pontianak.

Kura-kura tak biasa ini juga vegetarian. Dia tidak mau dikasi makan ayam atau ikan. Hanya makan dedaunan seperti kangkung, kata Pak Has.

Suhascaryo mengaku tidak ada perlakuan khusus atau pun kejadian-kejadian mistis selama dia memelihara binatang yang hidup di dua alam ini. Tidak ada mimpi atau firasat apapun sejak saya pelihara kura-kura ini, katanya seraya tersenyum. (**)

Labels:

1 comments:

TURTLE OF BORNEO said...

Senang rasanya punya koleksi kura kura seperti punya Pa Has. Saya saat ini juga pingin cari kura kura jenis tsb. Namanya Callagur Borneoensis, habitatnya daerah pesisir di pulau Kalimantan. Kalau ada lagi bagi Pa Ya ...

Post a Comment