We have new forums at NiteshKothari.com
TopBottom
Announcement: wanna exchange links? contact me at clwolvi@gmail.com.

Ada apa di Shio Tikus? *Prediksi Shinse Aleng dari Cetya Mandala Puja

Posted by Efprizan 'zan' Rzeznik at Saturday, February 2, 2008
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit


Tahun babi sebentar lagi berganti. Tikus dengan elemen api, menjadi penggantinya di tahun 2559 ini. Diramalkan, tahun ini perlambang kurang adanya peruntungan. Berikut petikan wawancara wartawan Pontianak Post, Efprizan Rzeznik, dengan Shinse Aleng, dari Cetya Mandala Puja, yang mencoba meramalkan kejadian masa depan di shio ini melalui mata bathinnya.

----

SIANG itu di di kediamannya Jalan Gajahmada V, yang juga menjadi Sekretariat Sanggar Mandala, aktifitas di dalam rumah terlihat ramai. Beberapa pekerja sedang menyelesaikan pembuatan naga raksasa yang besiap memecahkan rekor Muri pada Imlek nanti.

Di ruangan terpisah, dengan lampu temaram dan harum dupa, Sinshei Aleng menerima kehadiran saya beserta rekan seprofesi dari koran berbahasa Mandarin, Kun Dian Ribao (Pontianak Post Group) untuk mewawancarainya. Tema kali ini, mengenai prediksinya di tahun tikus yang sebentar lagi mengambil alih tahun babi. Menurut Shinse, dalam hitungan kalender Tionghoa, pada tanggal 5 Februari 2008 nanti, tepat pukul 22.55, sudah masuk pada shio tikus

Bagaimana prediksi Shinse di tahun tikus nanti?

(Shinse menarik nafas panjang), Tahun nanti kurang bagus. Cenderung biasa-biasa saja. Ekonomi masih terpuruk, bencana alam masih datang silih berganti. Kesehatan manusia juga tidak begitu bagus. Layaknya shio tikus yang merupakan nomor awal shio, berarti kita kembali ke awal lagi.

Pemlik Shio-shio apa saja yang peruntungannya bagus di tahun tikus ini, begitu juga sebaliknya?

(Sebelum menjawab, mata Shinse terpejam), yang bagus di tahun tikus yakni pemilik shio kuda, kerbau, anjing, naga, kambing. Sedangkan yang bershio tikus, ular, kelinci, dan ayam kurang bagus di tahun tikus.

Shinse Aleng juga menyebutkan bahwa bahwa orang-orang yang berumur 3 tahun, 6, 9, 123, 16, 19 tahun, dan seterusnya yang berhubungan dengan angka tiga, juga diramalkan olehnya kurang mendapatkan peruntungan di tahun tikus ini.

“Usia tersebut bukan dihitung dari kelahiran kalender masehi, tapi dari hari kelahiran menurut China. Kalau Anda sekarang berumur 25 tahun, berarti usia Anda dalam perhitungan China 26 tahun, karena di dalam kandungan sudah dihitung umur,” kata Aleng.

Bagaimana dengan mereka yang kurang peruntungannya pada tahun tikus ini, adakah ritual khusus untuk mencegah tolak bala?

Ada. Namanya Thai Sue, itu ibarat ritual tolak bala. Ada sembahyangnya dengan ritual-ritual khusus yang diantaranya membawa sesaji seperti buah-buahan, sayur kering, tahu, jamur, dan kue apam. Jika ini tidak dibayar, baru bisa ketemu lagi pada 60 tahun berikutnya.

Bagaimana dengan kisah percintaan dan asmara di tahun tikus nanti?

Kawin cerai masih banyak terjadi. Masih terjadi perceckcokan rumah tangga sehingga menyebabkan perceraian

Shinse Aleng juga mengatakan bahwa di bidang pendidikan, banyak siswa yang tidak lulus ujian nasional. “Para remaja kebanyakan tidak fokus pada sekolah. Kebanyakan main,” katanya.

--

Bagaimana dengan kondisi perekonomian dan perpolitikan khusus di Provinsi Kalbar di tahun tikus nanti?

Wisatawan memang banyak datang ke daerah kita, investor ke luar masuk ke daerah kita, tapi kemajuan perekonomian masih belum bergerak signifikan. Masih harus bekerja keras. Pada tahun tikus ini kita juga harus tetap waspada. Pengambil keputusan harus mengedepankan segala sesuatu dengan musyawarah. Tidak boleh mengambil keputusan sendiri-sendiri. Harus dapat merangkul semuanya. (**)

Labels:

Post a Comment