We have new forums at NiteshKothari.com
TopBottom
Announcement: wanna exchange links? contact me at clwolvi@gmail.com.

Captain Jack Balek Kampong

Posted by Efprizan 'zan' Rzeznik at Friday, May 9, 2008
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

Teks Foto: Aksi Panggung CJ pada penutupan Polnep Fair & Expo 2008, 2 Mei 2008 (foto ist.)

*Datang dengan Amunisi Baru, ‘Bakar’ Kota Khatulistiwa

Captain Jack (CJ) is back! Ya, lama berkelana di event-event musik Jogja dan sekitarnya, band cadas yang hampir semua personilnya anak-anak muda berbakat Pontianak ini kembali melaksanakan ritual ‘balek kampong’.


Efprizan, Pontianak

MEREKA ‘membakar’ Kota Khatulistiwa dengan musknya. Tentunya, masih lewat serangan musik berdistorsi tingkat tinggi nan kasar. Datang dengan amunisi baru, lewat album perdana yang sebentar lagi diluncurkan, The Fall of Concept, CJ sukses mengobok-obok emosi Jackers di puncak acara penutupan Polnep Fair & Expo 2008, Jumat (2/5) malam.

Ribuan Jackers (sebutan untuk fans CJ) tumpah ruah di depan panggung yang akan dipakai band ini untuk meletupkan energi dan meneriakkan semua kemarahan.

Sekitar pukul 21.20, panggung yang sebelumnya dipakai juga oleh artis-artis pengisi acara pentupan Polnep Expo itu diambil alih CJ. Raungan gitar Ibanez AX yang ditenteng Momo, sang Vocalis, menyatu dengan distorsi kasar suara PRS SE, yang dipakai gitaris additional, Adai.

Sekadar diketahui, penampilan CJ kali itu tanpa ditemani oleh gitaris mereka, Zuhdil a.k.a Sancho, yang berhalangan hadir. Walau tanpa gitaris andalan mereka, Aday, gitaris 13 Fighting yang didaulat sebagai pemain pengganti, mampu mengisi kekosongan itu dengan melahirkan riff-riff maut.

’Buat yang Percaya’ menjadi tembang pembuka pembakar emosi awal para Jackers. Betotan bass GNL L 2000 Novan Maltuvanie bertempur dengan gebukan drum Andi de Babon. Lengkap rasanya dengan paduan semi orkerstra dari keyboard yang digawangi Ismed. Semakin menambah kelam aura tembang tersebut.

Menyusul kemudian ‘Hati Hitam’ dibawakan. Lagu yang dicomot dari mini album kedua mereka, The Fall of Concept ini rencananya akan didaulat menjadi hits single.

Cukup pantas, mengingat tembang yang bercerita tentang seseorang yang telah ‘terkontaminasi’ dan ingin kembali ke dirinya yang sebenarnya ini memang cukup berbobot baik dari segi lirik maupun aransemen musikalitas. Hal ini terbukti dengan lahirnya moshing para Jackers ketika tembang ini dibawakan.

Entah Sampai Kapan’ menyusul kemudian. Lagu yang diakui sang vocalis, Momo, sebagai curhatnya ini sukses mereka bawakan. Scream Novan menjadikan lagu yang sekilas mengingatkan kepada salah satu tembang Pantera di album ‘The Great Southern Trendkill’ ini menjadi lebih kelam.

Tembang selanjutnya, kembali mereka membawakan lagu baru ‘Pengkhianat’. Pada lagu ini sekali lagi tercipta koor Jackers sembari mengangkat jari tengahnya tinggi-tinggi.

Sembangat terus dibakar lewat permainan ciamik CJ. Setelah rehat sejenak, secara medley, hits bernuansa balada ‘Pahlawan’ dibawakan hanya dengan petikan gitar. Para Jackers bernyanyi. Menyatu dalam alunan lagu.

Sekali lagi, moshing kembali tercipta tatkala lagu ‘Sempurna’ dibawakan. Masih belum puas dengan crowd yang semakin ‘menggila’, CJ kembali membawakan lagu baru mereka ‘Zombie TV ’.

Klimaks penampilan mereka ditutup dengan lagu andalan ‘Munafik’. Para Jackers tak henti-hentinya ikut bernyanyi dari awal hingga akhir lagu. Total tembang yang mereka bawakan ada 11 lagu, dengan tiga lagu baru di dalamnya.

Dalam kesempatan wawancara, Vocalis CJ, Momo, mengatakan bahwa album EP (mini album) kedua ini rencananya akan diluncurkan pada akhir Mei.

Alumnus SMAN 3 Pontianak yang mempunyai nama asli Muhammad Dani Febriyandi ini mengatakan pada album baru tersebut akan ada enam lagu yang secara kualitas sound, lirik, dan tema mengalami perubahan.

“Di album baru ini kita mencari sesuatu yang baru. Banyak perubahan yang terjadi. Yang pasti perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Seperti secara sound dalam lagu album baru ini akan lebih matang, dinamis, dan kaya akan eksperimen” katanya.

Album EP terbaru The Fall of Concept tersebut masih dirilis di bawah bendera Hell Angel Record, label yang juga menggarap EP perdana CJ, Undmindless.

Band yang kini dimanajeri oleh Michael ini juga telah merampungkan proses pembuatan video klip untuk album teranyar mereka. Untuk video clip tersebut, CJ justru membuatnya untuk lagu hits kedua mereka ‘Pengkhianat’. (**)

Labels:

3 comments:

tika said...

captain jack cadazzz abiez wkt maen di polnep PTK,mo2 sweet bangetz mpe gax bisa tidur aq.......di tungguin album baru nya euy.........
KU INGIN SEMPURNA SEPERTI MEREKA...........!!!!!!!!!!!!!!!!!

tika said...

captain jack cadaz abiezzzzz wkt maen d polnep,mo2 keyen abiez....mpe gax bisa tidur aq.ditungguin album barunya..........................
KU INGIN SEMPURNA SEPERTI MEREKA..........!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Anib Nakash said...

Captain Jack - The Fall of Concept [EP] 2008

available Now... Download here

http://binasakan.wordpress.com/captain-jack-the-fall-of-concept-ep-2008/

don't forget "BELI CD ASLI nya" :p

Post a Comment