We have new forums at NiteshKothari.com
TopBottom
Announcement: wanna exchange links? contact me at clwolvi@gmail.com.

*Musisi dan Tato

Posted by Efprizan 'zan' Rzeznik at Friday, May 25, 2007
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

Rockstar, Pencarian Jati Diri, dan Gaya Hidup

Posted; Pontianak Post, 19 April 2007
Banyak faktor yang menyebabkan tato begitu berarti bagi kalangan musisi. Mulai dari sekadar gaya, eksistensi aliran musik, identitas diri, hingga implementasi filosofi hidup. Berikut petikan wawancara dengan seorang musisi asal Pontianak, Novan Maltuvanie.

Apa yang memotivasi Anda untuk memilki tato permanen?
Yang memotivasi sebenarnya adalah lifestyle.

Selain itu?
Ada faktor lainnya juga sih, yakni pencarian jati diri. Saat pertama menato lengan kiri saya, sempat ada sebuah pernyataan besar di kepala saya yaitu resiko. Ya, tato merupakan karya seni yang sangat-sangat beresiko.

Resiko apa yang Anda maksud?
Karena tato adalah lukisan yang menggunakan media kulit badan seseorang dan susah untuk dihilangkan.

Kenapa tetap merelakan bagian tubuh Anda untuk akhirnya ditato?
Seperti yang saya sebut pertama tadi, tato adalah sebuah karya seni. Karena itu saya benar-benar ingin menjadi bagian dari itu. Seorang seniman. Jadi saya memberanikan diri untuk membuat tato. Sebagai bukti pengakuan diri saya sendiri bahwa saya adalah seniman. Seseorang yang mengabdikan dirinya pada seni, apapun bentuknya, dan tato sebagai sarana unutk menunjukkan bahwa saya ingin menjadi seorang seniman dan saya adalah seorang seniman, walaupun belum punya sebuah masterpiece.

****
Novan Maltuvanie merupakan Bassis grup band cadas Captain Jack (CJ). Band yang hampir seluruh personilnya merupakan anak-anak Pontianak ini bermarkas di Yogyakarta. Captain Jack telah menelurkan sebuah album bertajuk ‘Some Think About.’ Di album yang diedarkan di bawah bendera Off the Records dan PT Universal Music Indonesia ini telah melahirkan hit single Sempurna, Pahlawan, dan Munafik.
Tato pertama yang dimiliki Novan bergambar logo band ‘CJ’. Logo itu dibuat sedemikian rupa, dan disatukan dengan gambar tribal yang menyerupai 4 bulan sabit yang saling memunggungi. Tato itu kini menghiasi lengan kirinya.
“Itu ada maknanya, artinya dalam band saya ada 5 orang yang saling bertolak belakang tapi bersatu untuk menghadapi semua hal dari berbagi sisi. Tapi tribal tersebut hanya ada 4, yaitu teman-teman saya yang lain, sedangkan yang kelima adalah saya sendiri yang memakai gambar tato tersebut,” katanya.
Novan juga memiliki tato kecil yang berada di pundaknya. Tato itu berbentuk "twin flaming star" berwarna hitam. “Ini saya dapatkan gambarnya melalui mimpi. Dalam mimpi tersebut saya menggapai cita-cita saya sebagai seorang rockstar yang mempunyai tato itu. itupun setelah saya berpikir berulang kali selama kurang lebih dua tahun untuk akhirnya merajahkannya di pundak saya,” katanya.
****

Apakah kehadiran tato tersebut berpengaruh terhadap rasa percaya diri kamu, terutama saat manggung?
Pengaruh sih sama kepercayaan diri saya, tapi enggak seberapa jika percaya diri yang difungsikan sebagai sarana pamer, atau saat manggung. Yang paling berpengaruh adalah makna dari tato yang saya rajah di badan saya. Sebagai motivasi untuk menggapai yang benar-benar saya cita-citakan saat ini.

Ingin menambah koleksi tato mu lagi?
Ingin sekali. Gambar tribal yang berbentuk tulang punggung dan sayap yang ujungu-ujungnya melingkar sampai ke perut saya. Dan gambar itu adalah gambar yang besarnya sepunggung, dengan latar belakang warna-warna yang mungkin akan didominasi warna merah, kuning, serta hijau. Tapi berhubung saya percaya akan hal-hal gaib juga, saya mengurungkan niat tersebut lantaran saya mendapat mimpi. Ada yang melarang saya untuk menambah tato lagi dikemudian hari. Ayah saya yang melarangnya.

(Efprizan Rzeznik)

Labels:

0 comments:

Post a Comment